Selasa, 14 Juni 2016

Cara Menghilangkan Sesak Nafas Dengan Cepat

Sesak nafas atau dalam dunia medisnya sering di kenal dengan dispnea. Sesak nafas sendiri terjadi ketika pada saat respiratory rate (RR) mengalami ketidak normalan dari mulai 16 menit sampai dengan 20 menit. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja akan sangat membahayakan kondisi penderita hingga dapat berakibat fatal adalah sebuah kematian. Selain itu sesak nafas dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena sebuah penyakit atau memang kedaan normal. Sesak nafas yang diakibatkan oleh suatu penyakit bisa bermacam – macam. Diantaranya gangguan pada jantung dan paru – paru, misalnya penyakit asma, bronkitis, PPOM (penyakit paru obstruksi menahun), pnemonia dan masih banyak lagi. Sesak nafas yang diakibatkan karena kelainan pada jantung misalnya gagal jantung kongestif (CHF), pericarditis dan masih banyak lagi. Kita tahu bahwa jantung dan paru – paru berperan dalam pertukaran oksigen dan karbon dioksida dalam darah, sehingga bila jantung atau paru – paru mengalami gangguan hal tersebut akan berpengaruh dalam proses pernafasan. Sesak nafas yang disebabkan suatu keadaan normal dan bukan merupakan sebuah tanda dari penyakit antara lain karena kehamilan, stress, berada di ketinggian 5000 kaki. Berikut ini akan kami sajikan ulasan mengenai cara menghilangkan sesak nafas dengan cepat, diantaranya adalah sebagai berikut!

Inilah Cara Menghilangkan Sesak Nafas dengan Cepat

Mencari ruangan yang luas dan tenang
Jika salah satu anggota keluarga mengalami sesak nafas maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan dengan memberikan ruangan yang bebas dari halangan. Usahakan jangan malah di kerumunin, karena itu akan semakin memperburuk kondisinya. Setelah itu buatlah mereka untuk mengambil nafas secara perlahan-lahan sampai dengan nafas kembali normal.

Beikan posisi setengah duduk
Selain dengam cara di atas Anda juga bisa melakukan dengan cara memberikan posisi setengah duduk untuk penderita. Dengan posisi tersebut dapat membantu paru-paru lebih mudah dan mengembang sehingga oksigen dapat masuk secara maksimal. Setelah pernapasan kembali normal, kemudian baringkan tubuh penderita untuk menetralkan kembali pernapasannya.

Ajarkan nafas panjang dan dalam
Seseorang yang susah bernapas biasanya mereka akan merasa takut dan tergesa-gesa mengambil nafas, padahal cara tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan. Sebaiknya ajarkan orang yang mengalami sesak nafas untuk melakukan nafas dalam dan panjang. Cara untuk melakukan hal ini yaitu minta orang tersebut untuk menarik nafas sedalam mungkin instruksikan untuk menahan nafasnya selama 3 detik lalu minta untuk menghembuskan nafasnya melalui mulut secara perlahan. Hal ini juga bisa digunakan untuk tekhnik relaksasi jika sobat mengalami stres atau rasa sakit yang sedikit mengganggu. Catatan : untuk tekhnik ini jangan gunakan pada orang yang sesak nafas karena adanya suatu sumbatan misalnya dahak. Jika orang tersebut berdahak yang cukup banyak sehingga mengganggu proses pernafasannya berikan minum air hangat dan minta untuk batuk.

Pertolongan Medis
Jika cara di atas tidak bisa cukup mengatasi sesak nafas dengan cepat dan tidak membuahkan hasil, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan meminta pertolongan medis. Bila sesak nafas tidak dapat segera teratasi segera bawa ke tenaga medis untuk mendapat pertolongan lebih lanjut, pertolongan yang diberikan tenaga medis bisa berupa pemberian oksigen, atau nebulizer.

Sekian penjelasan mengenai cara mengatasi sesak nafas dengan cepat dan benar yang dapat Anda lakukan. Sekian dan semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.
Baca juga 

http://aduba.co/cara-mengobati-bibir-pecah-pecah-secara-alami.html
http://aduba.co/daftar-lagu-barat-terbaru.html
http://aduba.co/tempat-asik-di-bandung-untuk-ngabuburit.html
http://aduba.co/kisah-mualaf-dunia-paling-menggemparkan.html
http://aduba.co/rekomendasi-tempat-wisata-murah-di-jabodetabek.html
http://aduba.co/kisah-mualaf-dunia-paling-menggemparkan.html
Tips Mengatasi vertigo paling tepat dan cepat
Cara mengeriting rambut tanpa catok paling mudah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar